“Iblis menjawab: ‘Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus, kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (ta’at).’” (QS. Al A’raf : 16-17)

mungkin kita sering mendengar tentang ayat ini, ayat ini merupakan ayat yang menjelaskan kondisi iblis ketika iblis menolak untuk sujud kepada adam saat diperintahkan allah karena iblis merasa bahwa dirinya lebih baik dari adam. ketika allah murka kepada iblis maka iblis pun berkata seperti pada surat al a’raf ayat 16-17, bahwa iblis akan mendatangi atau menggoda manusia agar ingkar kepada allah melalui :

  1. Muka/Depan (membuat manusia ragu akan hari akhir/akhirat)
  2. Belakang (Membuat manusia cinta Dunia)
  3. Kanan (Urusan-urusan agama dibuat tidak jelas)
  4. Kiri (Membuat manusia tertarik dan senang terhadap kemaksiatan)

iblis akan menggoda manusia dari segala arah, tapi belum semua arah rasanya karena ternyata iblis tidak menggoda manusia dari arah atas dan bawah.kenapa??!
Fakhrudin al-razy dalam tafsir al-kabir menjelaskan :

Diriwayatkan bahwa ketika Iblis mengatakan ucapannya tersebut, maka hati para malaikat menjadi kasihan terhadap manusia mereka berkata: “Wahai Tuhan kami, bagaimana mungkin manusia bisa melepaskan diri dari gangguan syaitan?” Maka Allah berfirman kepada mereka bahwa bagi manusia masih tersisa dua jalan: atas dan bawah, jika manusia mengangkat kedua tangannnya dalam do’a dengan penuh kerendah-hatian atau bersujud dengan dahinya di atas tanah dengan penuh kekhusyu’an, Aku akan mengampuni dosa-dosa mereka”

Memang iblis akan terus menggoda manusia tetapi itu jangan membuat manusia putus asa karena masih ada 2 arah yang tidak iblis gunakan untuk menggoda kita.

(Dakwatuna.com)

Categories: Islam

0 thoughts on “”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Islam

Tjokroaminoto & SM Kartosoewirjo

     Dunia perfilm-an indonesia kembali disemarakan film sejarah yang cukup banyak mengandung muatan historis yaitu film “Guru Bangsa : Tjokroaminoto” yang sebelumnya telah hadir pula film sejenis seperti Film Sang Pencerah (Film yg menceritakan tentang Read more…

Islam

Rasullah SWA ketika ditanya Ali

Makrifah adalah modalku akal fikiran adalah sumber agamaku rindu kendaraanku berdzikir kepada allah kawan dekatku keteguhan perbendaharaanku duka adalah kawanku ilmu adalah senjataku ketabahan adalah pakaianku kerelaan adalah sasaranku faqr adalah kebangganku menahan diri adalah Read more…

Islam

Fiqih Prioritas (Sebuah Pengingat)

   Sebenarnya Tulisan pendek ini adalah tulisan yang saya publish disebuah grup,  Tulisan ini merupakan sebuah rangkuman pemahaman saya hasil dari membaca buku Fiqih Prioritas Karya Dr.Yusuf Al-Qardhawi. tapi saya ingin membagikannya mudah-mudahan bermanfaat bagi Read more…